March 29, 2024

Buka Latposko AYU 2022, Kasau Tegaskan Lat AYU untuk Menguji Kemampuan TNI AU

Jurnalmetropol.com, Bandung Barat – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA menegaskan, latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha merupakan ajang berharga yaitu untuk menguji kemampuan TNI AU.

“Latposko AYU 2022, merupakan kesempatan berharga untuk benar-benar menguji kemampuan TNI AU, serta menguji Command and Control serta acuan strategic layout yang efektif di masa depan,”tegas Kasau.

Penegasan tersebut disampaikan Kasau selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat), dalam amanatnya saat membuka Latposko AYU 2022, di kampus Seskoau, Lembang Bandung Barat, Senin (21/11/2022).

Kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan, Kasau berharap dapat memanfaatkan latihan ini, untuk mengeksplorasi, sekaligus mengeksploitasi konsep kampanye udara terbaru yang digunakan oleh TNI AU.

“Latihan ini sangat penting dan menjadi tolak ukur tersendiri atas standar latihan nasional yang berkualitas,”ujar Kasau.

Kasau juga menekankan, pelaksanaan latihan AYU, merupakan salah satu bentuk pertanggung-jawaban kepada rakyat, dalam membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan udara, agar mampu melindungi angkasa Indonesia.

“TNI Angkatan Udara memainkan peranan inti sebagai Sayap Tanah Air Indonesia. Salah satu bentuk upaya dalam mempertahankan bangsa, tanah air dan angkasa Indonesia, adalah melalui latihan puncak matra udara AYU 2022,”ungkap Kasau.

Latihan AYU 2022 memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya penerapan Proses Pelaksanaan Operasi Udara atau P2OU yang baru pertama dilaksanakan dan dimainkannya tiga skenario operasi pada tiga Koopsud sekaligus, dengan sifat satu pihak dikendalikan.

Latposko AYU 2022, melatihkan tahapan PPKM (Proses Pengambilan Keputusan Militer), akan berlangsung dari 21-25 November 2022. Setelah itu dilanjutkan P2OU dan Wargaming yang dilaksanakan dari 28 November sampai 2 Desember 2022.

Kolat AYU 2022 berada di Seskoau, sementara pelaku yang diperankan Koopsud I, II dan III, berada di wilayahnya masing-masing, yaitu di Jakarta, Makassar dan Biak. Skenario latihan sesuai wilayah operasi tiap Koopsud yang dihadapkan dengan karakteristik ancaman yang berbeda.

Hadir pada upacara pembukaan, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martonoputro, Dankodiklatau Marsdya TNI M.Tonny Harjono, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Dankoharmatau, Danseskoau, Kapuslaiklambangjaau, para Panglima dan Komandan Kotama serta sejumlah pejabat utama TNI AU lainnya.

Seusai membuka Latposko AYU 2022, Kasau didampingi para pejabat TNI AU, melaksanakan peninjauan beberapa fasilitas latihan dan Kolat. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *