January 30, 2023

Gempa Bumi di Cianjur, Kantor SAR Bandung Kerahkan Alut dan Personil

Jurnalmetropol.com, Bandung – Senin 21 November 2022- Pukul 13.45 WIB Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim rescue dari Kantor SAR Bandung dan satu tim dari FKP3 (Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan) yang sedang melaksanakan standby di Kantor SAR Bandung ke wilayah terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa barat.

Keterangan tertulis yang diterima media ini, melalui Humas Basarnas RI menyampaikan bahwa Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril S.E., M.M telah memerintahkan pemberangkatan tim rescue dari Kantor SAR Bandung setelah sebelumnya menerima informasi gempa bumi yang terjadi di Kab. Cianjur pada pukul 13.21 WIB dengan skala 5.6 SR dan kedalaman 10 KM.

Disampaikannya bahwa gempa bumi dirasakan di beberapa wilayah hingga ke Kota/Kab. Bandung, Jakarta, Sukabumi, Banten dan wilayah Jawa Barat lainnya.

Berdasarkan informasi sementara, banyak laporan bangunan runtuh di Wilayah Cianjur, hingga saat ini tim Siaga Kantor SAR Bandung masih melakukan koordinasi dengan BPBD Cianjur dan Potensi SAR Cianjur terkait dampak gempa, Tim Rescue diberangkatkan menuju Kec. Cugenang, Kec. Cipanas dan Kec. Cianjur untuk melaksanakan asesmen di lokasi kejadian.

Selain Tim Rescue Kantor SAR Bandung, tim diperkuat dari personel Kantor SAR Jakarta, Kantor SAR Semarang dan Kantor SAR Cilacap. Adapun alut yang digunakan antara lain 1 Unit Truk Personil,1 Unit Compartment,1 Set Palsar Ekstrikasi,1 Set Palsar Medis,1 set palkom dan APD Personil. (Kamal)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *