December 6, 2022

Peringati HUT ke-72, Ditpolairud Polda NTB Gelar Donor Darah

Jurnalmetropol.com, Mataram – Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB menggelar Donor Darah di Gedung Sasana Dharma Polda NTB, Senin (21/11/2022), sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Polairud ke-72 Tahun 2022.

Kegiatan Donor Darah itu, melibatkan petugas dari Bidang Dokter Kesehatan (Biddokes) Polda NTB dan Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Lombok Barat (Lobar).

Peserta yang mengikuti bukan hanya dari anggota Polisi saja, namun juga ada dari, TNI, Syahbandar dan mitra Polairud lainnya.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Ruslan Aspan yang hadir membuka acara mengatakan, donor darah bukan hanya untuk kemanusiaan saja namun juga untuk kesehatan jasmani.

“Sebagai pendonor darah aktif, saya rasa donor darah membuat badan kita semakin sehat,”ungkapnya.

Kendati demikian, ia juga mengimbau agar tidak memaksakan diri untuk donor, jika kondisi sedang tidak fit, seperti yang ia rasakan kali ini.

“Untuk itu, sebelum donor, harus melalui proses skrining dulu, jika hasil skrining membolehkan maka donor bisa dilakukan, begitu juga sebaliknya jika skriningnya tidak membolehkan jangan memaksakan diri,”ujarnya.

Mewakili segenap jajaran di Polda NTB, Ruslan juga mengucapkan selamat hari Ulang Tahun untuk Polairud.

Ia berharap Polairud khususnya di Polda NTB semakin baik, dan semakin bagus, dalam menjalankan amanah Negara.

Selain itu Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Lombok Barat merasa terbantu dengan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Polairud yang digelar Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB itu.

Kabid pelayanan dan pengawasan mutu Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Lombok Barat (Lobar) mengatakan, setidaknya ada 260 kantong darah yang ia dapatkan dari program itu.

Dengan demikian ia merasa sangat terbantu dengan Donor Darah yang dilaksankan Polairud Polda NTB itu.

“Kita tahu bahwa, UDD PMI Lobar setiap saat membutuhkan darah, setiap harinya permintaan darah selalu ada,” ungkapnya.

“Kegiatan ini amat sangat membantu kami, sehingga stok darah kami di UDD PMI Lobar bertambah,”tambahnya.

Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda NTB Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga menegaskan, kegiatan donor darah itu merupakan salah satu bagian dari kegiatan memperingati HUT Polairud ke-72.

Dari 500 kantong darah yang ditargetkan, dapat terealisasi sekitar 260 lebih, artinya sekitar 60% dari yang ditargetkan tercapai.

“Alhamdulillah, 60% dari yang kita targetkan tercapai, semoga kegiatan ini tercatat sebagai amal ibadah kita dan kita mendapat ridho dari yang maha kuasa,”pungkasnya. (Anang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *