April 15, 2024

TNI AL Latih Selam Pramuka Saka Bahari

Jurnalmetropol.com, Jakarta — TNI Angkatan Laut menggelar kegiatan Kursus Selam SCUBA TNI AL Saka Bahari Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral), dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 12 Maret 2023 di Kolat Koarmada I dan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Suradi Agung Slamet selaku Ketua Saka Bahari Tingkat Nasional membuka secara langsung Penyelenggaraan Pembinaan Saka Bahari Nasional 2023 bertempat di Lobby Dispotmaral Sunter Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta perwakilan Saka Bahari dari berbagai daerah, dengan metode pengajaran teori dan praktek. Sejumlah Materi latihan diberikan kepada para peserta meliputi Latihan Kecakapan Kolam (LKK) dan Latihan Perairan Terbuka (LPT).

Kadispotmaral menyampaikan bahwa hal ini merupakan rangkaian acara dalam penyelenggaraan Pembinaan Saka Bahari Nasional 2023 yaitu kegiatan pembinaan dan pengembangan kepada para Pinsaka Bahari di Kwartir Daerah, Cabang, Ranting dalam membina Saka Bahari.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat turut serta mendukung para generasi muda dalam meningkatkan kompetensi dan kecakapannya terutama dalam hal menyelam. Para peserta yang dapat mengikuti kursus ini dengan hasil yang baik nantinya akan mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) berupa brevet dan sertifikasi Selam SCUBA TNI AL, dan yang pasti menanamkan kepada generasi muda akan kecintaannya dan kesadarannya kepada laut,”tambah Kadispotmaral.

Kegiatan ini digelar dengan mengangkat tema “Pembinaan Saka Bahari Nasional 2023 untuk mewujudkan Semangat Pengabdian Tanpa Batas guna Membangun Keutuhan Bangsa”.

Pada tempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa, ini merupakan bagian dari pembangunan sumber daya manusia yang unggul.

“Mengenalkan potensi maritim kepada generasi muda, serta menumbuhkan pemahaman dan kesadaran cara pandang khususnya Pramuka Saka Bahari dalam melihat ruang hidup bangsanya sebagai bangsa Bahari, sekaligus menanamkan semangat cinta tanah air kepada generasi muda dalam kerangka “National Character Building,”tandas Kasal. (red)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *