February 22, 2024

Tamansiswa akan Tunjukan Kwalitasnya di Hari Film Nasional 2023

Jurnalmetropol.com, Jakarta – Jelang Hari Film Nasional 2023 pada tanggal 30 Maret yang akan datang, segenap civitas akademika SMK Perguruan Tamansiswa, Jurusan Perfilman merangkainya dengan berbagai kegiatan.

Ketua Panitia Hari Film Nasional 2023 Tamansiswa, Roy Wijaya mengatakan bahwa momentum Hari Film Nasional (HFN) 2023. Merupakan ajang untuk meningkatkan rasa percaya diri para siswa dalam karyanya, atas kualitas film anak bangsa sekaligus bentuk manifestasi sebagai integrator dalam ekosistem perfilman di Indonesia.

“Pada perayaan Hari Film Nasional 2023, pihak sekolah juga melibatkan pemikiran-pemikiran yang relevan yang akan dikemas dalam diskusi yang bermakna dari para senior sebagai pelaku di Industri Perfilman Nasional,” jelasnya kepada wartawan di Studio Tamsis, Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa(28/3/2023).

Sutradara The Bandhit ini mengatakan, selain berbagai kegiatan produksi dan syuting film. Para siswa juga akan diajak untuk diskusi dan nonton bareng dengan para pelaku film.

“Para pelaku film ini akan mengisi ruang diskusi, untuk berbagi penhalaman dan masukan sebagai materi pembelajaran jurusan perfilman,”ungkapnya.

Diskusi, kata pencipta lagu Istana Hati ini, akan dijadikan sebagai ajang bagi pemangku kepentingan dan insan film di Indonesia mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi para siswa perfilman.

“Diharapkan gelaran tersebut dapat mewujudkan ekosistem dan industri film pelajar yang semakin baik,”kata Roy.

Dalam acara diskusi itu, Roy mengambil tema, Jejak Sinema Tamansiswa Dalam Storry Telling Satu Abad Ki Hajar Dewantara. Dengan para pembicara yaitu, Rano Karno (Aktor & Sutradara), Krisna Mukti (Aktor) Syamsul B. Adnan (Sutradara), Putra Gara (Pengamat Film), Jonathan Alexander (Produser Film & Iklan), Roy Wijaya (Praktisi Film Tamsis).

“Acara akan dibuka secara virtual oleh Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Sedangkan Direktur Perfilman, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI, Ahmad Mahendra akan menjadi keynote speech sebagai pemantik diskusi,” pungkasnya. (red)

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *