April 13, 2024

TNI AU Garang di Udara Tapi Ramah di Darat

Jurnalmetropol.com, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) terlihat garang di udara, tetapi ketika di darat terlihat ramah. Dalam mengamankan kawasan udara NKRI, TNI AU tegas bahwa pesawat dan benda-benda asing tidak bisa masuk seenaknya dan harus meminta ijin. Seperti kejadian pada beberapa tahun lalu di kawasan udara kepulauan Riau, tepatnya di atas kota Tanjungpinang. 2 pesawat Sukhoi milik TNI AU usir pesawat asing yang melintas tanpa ijin.

Berbeda ketika di darat, TNI AU sangat ramah dan peduli terutama kepada masyarakat Indonesia. Sebagai bagian dari komponen bangsa TNI AU mampu menjadi kebanggaan rakyat nusantara ini. Banyak kegiatan sosial dan kemanusiaan dipersembahkan untuk negeri tercinta Indonesia.

Dalam peringatan HUT TNI AU ke-77 diadakan Bakti Sosial (Baksos) di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu tanggal 18 Maret 2023. Baksos yang ditempatkan di kantor Gubernur NTT itu sebagai bentuk kepedulian dan keramahan TNI AU. Dengan menggandeng BKKBN dan Walubi, dilakukan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di sana.

Layanan kesehatan berupa operasi bibir sumbing, pelayanan gigi, khitanan massal, donor darah, posyandu dan layanan kesehatan umum. Juga didistribusikan 1000 paket sembako, 300 paket gizi balita dan 750 kacamata baca.

Kegiatan rangkaian HUT TNI AU ke-77 juga dilakukan di Mabesau. Primer Koperasi (Primkop) Denma Mabesau membuka 50 stand bazar. Acara yang digelar pada Bulan Suci Ramadhan itu menjual barang-barang kebutuhan pokok dengan harga murah. Sangat membantu masyarakat dalam mempersiapkan Idul Fitri mengingat telah terjadi kenaikan harga.

Pada waktu itu Kasau juga memberikan tali asih berupa paket sembako dan voucher belanja kepada 135 orang Warakawuri.

Terbaru, pada moment Idul Fitri 1444 Hijriyah, TNI AU mengadakan mudik gratis bagi prajurit, PNS dan karyawan serta keluarga TNI AU di lingkungan Mabesau. Dengan menggunakan 18 bus sejumlah 787 orang diantar ke arah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Pulau Sumatera.

TNI Angkatan Udara sangat dituntut profesional dalam menjalankan tugas negara, tetapi tanpa meninggalkan ciri khas kepribadian bangsa, yaitu penuh keramahan terhadap sesama. (redaksi)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *