June 17, 2024

Kapusbintal TNI Pimpin Manasik Haji TNI Visa Athan Saudi Arabia

Jurnalmetropol.com, Jaktim – Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI sebagai Badan Koordinasi Urusan Haji Tentara Nasional Indonesia (Bakuh TNI) Laksma TNI Drs. Ian Heriyawan, CHRMP memimpin upacara Manasik Haji TNI Visa Athan Saudi Arabia Tahun 1444 H / 2023 M sebanyak 126 orang, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Sabtu (20/5/2023).

Adapun peserta calon jamah haji sebanyak 126 orang terdiri dari Mabes TNI 28 orang, TNI AD 48 orang, TNI AL 17 orang dan TNI AU 34 orang, yang akan diberangkatkan ke Mekkah pada tanggal 24 Juni 2023 dan kembali ke Tanah Air tanggal 17 Juli 2023.

Kapusbintal TNI menyampaikan bahwa kegiatan Ibadah Haji ini mungkin akan sedikit perjalanan menggunakan Visa ini, jadi dari tahun ke tahun melaksanakan ibadah haji melalui Bakuh TNI dihadapkan kepada dinamika yang tidak ringan.

“Kami kebetulan kemarin mewakili negara, mewakili TNI bertemu dengan 15 negara di Saudi Arabia dan kami juga menyampaikan harapan ini kepada pemerintah Arab Saudi dan juga bertemu dengan ketua atau rois tanniyatullah suuddiniyah,” ungkapnya.

“Barangkali mekanisme ini perolehan visa lebih banyak, jadi Bapak Ibu sekalian sekedar informasi untuk visa haji itu di negara kita itu kan ada bermacam-macam, ada visa haji yang reguler,”tambahnya.

“Reguler itu diberikan oleh pemerintah Arab Saudi G to G dari pemerintah Arab Saudi ke pemerintah Republik Indonesia, sekarang kalau tidak salah 210 dan ditambah 8.000 jadi lebih kurang 220.000,”pungkas Kapusbintal TNI.

Kegiatan rangkaian manasik haji, diisi pula dengan testimoni spiritual dari Kapusbintalad Brigjen TNI Nur Salim yang menyampaikan bahwa yang mau berangkat haji untuk menguatkan niat membersihkan hati yang selama ini banyak dosa.

“Melalui panggilan ini, mari kita bersihkan hati yang tulus ikhlas untuk memenuhi panggilan illahi robbi, yang diharapkan kita ke tanah suci adalah kembalinya menjadi haji yang mabrur,” jelasnya.

Disela-sela rangkaian manasik haji juga disimulasikan pelaksanaan manasik haji yang dipandu oleh Bapak Drs H. Abu Haris Mutahar M.Si. dan Mayor (Purn) H. Rufis Bahruddin. selaku Direktur Utama Sahara Tours & Travel. (red)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *