June 17, 2024

Tongkat Komando Dangrup-1 Kopassus Resmi diterima Kolonel Inf Irfan Amir

Jurnalmetropol.com, Serang – Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Grup-1 Kopassus dari Kolonel Inf Romel Jangga Wardhana kepada Kolonel Inf Irfan Amir.

Kegiatan serah terima tersebut digelar di Lapangan Upacara Grup-1 Kopassus Serang, Banten, pada Kamis (16/11/2023).

Kolonel Inf Romel Jangga Wardhana selanjutnya akan bertugas sebagai Asisten Perencanaan Danjen Kopassus.

Dalam Sertijab tersebut, Danjen Kopassus menegaskan bahwa sebagai Satuan Operasional Kopassus, Grup-1 Kopassus bertugas melaksanakan berbagai macam Tugas Operasi yang banyak mengandung Resiko, untuk itu, Grup 1 Kopasssus harus terus belajar dan berlatih guna meningkatkan kualitas kemampuan prajurit, baik kemampuan fisik maupun kemampuan teknis dan taktis bertempur prajurit.

“Jangan pernah terlena, pegang teguh pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman “Dalam menghadapi keadaan apapun, jangan lengah, sebab kelengahan menimbulkan kelemahan, dan kelemahan menimbulkan kekalahan, sedangkan kekalahan menimbulkan penderitaan,”pesan Danjen.

Dikatakan Danjen, bagi prajurit Kopassus, latihan adalah kesejahteraan yang tertinggi. Dengan belajar dan berlatih maka kemampuan fisik dan naluri tempur prajurit Parako dapat terus diasah dan ditingkatkan dan sejalan dengan Sesanti Dhuaja Grup-1, yaitu “Eka Wastu Baladika” yang berarti kesatuan Kopassus merupakan wadah pertama prajurit-prajurit pilihan yang selalu mengabdikan dirinya kepada negara dan bangsa.

“Saya mengapresiasi berbagai prestasi yang telah diukir oleh prajurit Baladika baik di kancah pertandingan event nasional maupun di medan operasi, oleh karena itu prajurit Baladika hendaknya dapat menjunjung tinggi dan mempertahankan derajat, nama, kehormatan dan jiwa kesatuan para komando,”pungkas Danjen.

(Penkopassus/kamal)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *