February 22, 2024

Jelang Hari Nusantara 2023, TNI AL Gelar Bakti Kesehatan dan Pameran bagi Masyarakat Tidore

Jurnalmetropol.com, Tidore — Dalam rangka menyambut Hari Nusantara (Harnus) 2023, Satuan Tugas (Satgas) Harnus Koarmada III menggelar rangkaian kegiatan yaitu Bakti Kesehatan berupa pengobatan gratis dan donor darah serta stand pameran TNI AL yang dilaksanakan secara terpisah di kota Sowasiu, Kabupaten Tidore, Kepulauan Maluku Utara, pada Minggu (10/12).

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Waasops Kasal) Laksamana Pertama TNI Ariyantyo Condro Wibowo, M.Tr. (Opsla), didampingi oleh Komandan Satgas Harnus 2023 Kolonel Laut (P) Hananto Dwi Prasetyo dan Para Perwira Satgas.

Kepala Bidang Bakti Kesehatan Hari Nusantara 2023 Letkol Laut (K) dr. Indra Widjayanto, M. Kes., Sp. B. menjelaskan bahwa dalam kegiatan Bakti Kesehatan kali ini melibatkan 59 tenaga kesehatan gabungan antara TNI AL dengan Pemerintah Daerah setempat.

“Adapun kegiatannya adalah circumsisi atau sunatan dengan total pasien 113 pasien, donor darah 28 pasien, pengobatan gigi 42 pasien, dan pelayanan umum sebanyak 112 pasien. Kegiatan tersebut digelar selama satu hari di KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 yang sandar di Pelabuhan Trikora Tidore Kota Tidore,”ujar Letkol Indra.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Bidang Pameran TNI AL Satgas Harnus 2023 Letkol Laut (KH) Epafroditus Joram, K.S.S.P., M.Th. menyampaikan bahwa untuk memeriahkan Harnus 2023 juga digelar pameran edukasi tentang TNI AL baik meliputi alutsista (KRI), persenjataan dan seragam yang digunakan oleh prajurit TNI AL.

“Kegiatan pameran ini diikuti oleh ratusan stand pameran baik dari Instansi TNI-Polri, lembaga pemerintahan, sekolahan dan pelaku UMKM, dengan jumlah stand pameran tahun ini lebih banyak dibandingkan pada kegiatan pameran dalam rangka Sail Tidore tahun lalu,”ungkap Letkol Epafroditus.

Pameran ini berlangsung selama empat hari dimulai tanggal 10 sampai dengan 13 Desember 2023. Satgas Harnus 2023 berharap kita sama-sama meramaikan Harnus Tahun 2023 dengan mengunjungi stand pameran yang berlokasi di Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan.

Keikutsertaan prajurit TNI AL dalam Satgas Harnus 2023 ini merupakan salah satu bentuk komitmen TNI AL dalam memberikan manfaat bagi masyarakat, dalam hal ini pelaksanaan Bakti Kesehatan selaras dengan penekanan Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu menjalankan tugas yang diamanahkan dengan pengabdian tulis ikhlas guna mencapai Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe”. (red)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *