April 15, 2024

Menteri ATR/BPN Agus Yudhoyono Beri Kuliah Umum di Seskoal

Jurnalmetropol.com, Jaksel – Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal), Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP., menerima kedatangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono, MSc., M.P.A., M.A. PhD., di Markas Komando (Mako) Seskoal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jum’at (22/03/24).

Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka kuliah umum kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler Seskoal, yang berlangsung di kelas gabungan, gedung Samadikun. Sebelum kegiatan perkuliahan dimulai, Komandan Seskoal memberikan sambutan dan pembacaan Curiculum Vitae (CV).

“Terimakasih kepada Bapak Menteri, atas kesediaan meluangkan waktu untuk menyampaikan materi kuliah umum kepada Pasis Dikreg Seskoal,” demikian disampaikan Danseskoal dalam sambutannya.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian informasi tentang pendidikan yang tengah berjalan dan juga mengenalkan para siswa, termasuk siswa yang berasal dari negara sahabat.

Dalam kuliah umum yang mengambil tema “Tata Ruang Pertahanan Indonesia dan Peran Sentral TNI AL” ini, pria yang sebelumnya aktif di dunia militer dan dikenal dengan sebutan AHY ini banyak menyebutkan tentang peran penting TNI, khususnya TNI AL dalam rangka mewujudkan tujuan Nasional.

Disampaikan bahwa, hal ini terlihat jelas dari luas wilayah perairan yang harus dijaga dan posisi Ibu Kota Negara (IKN) yang saat ini tengah dibangun, lokasinya berdekatan dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)

“Untuk mewujudkan tujuan nasional diperlukan prasyarat dasar, yakni perencanaan tata ruang wilayah yang matang, termasuk wilayah pertahanan,”demikian ungkap AHY.

Ditambahkan juga bahwa pertahanan negara disusun dalam suatu sistem pertahanan semesta, untuk mencapai tujuan nasional. Pertahanan semesta pada hakikatnya adalah suatu pertahanan yang melibatkan seluruh warga negara sesuai peran dan fungsinya.

Kegiatan perkuliahan ini diikuti dengan antusias, bukan hanya oleh Pasis saja. Namun juga diikuti oleh Dosen dan Pejabat Utama Seskoal.

Terbukti dengan banyaknya Pasis yang bertanya dan menyampaikan pendapatnya dalam perkuliahan tersebut. Kuliah umum ini ditutup dengan pemberian cindera mata dan foto bersama. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *