April 15, 2024

Pasis Dikreg Seskoal Laksanakan Kuliah Kerja Opskamla

Jurnalmetropol.com, Jakarta – Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP., bersama 183 Perwira Siswa Pendidikan Reguler Seskoal melaksanakan Kuliah Kerja Operasi Keamanan Laut (opskamla).

Kegiatan tersebut berlangsung di tiga tempat, yaitu di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Baharkam Polri, pada Selasa (26/03/24).

Kegiatan kuliah kerja ini diawali kunjungan ke Bakamla RI. Dalam kesempatan tersebut, rombongan diterima oleh Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) RI, Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, S.H.

Saat diterima, Kabakamla menyampaikan ucapan selamat datang kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler Seskoal dan menjelaskan tugas serta fungsi Bakamla dalam pengamanan wilayah laut Indonesia.

Setelah mendapatkan penjelasan terkait berbagai hal yang berhubungan dengan Bakamla, rombongan selanjutnya bergerak menuju Kementerian Kelautan dan perikanan (KKP).

Di Kementerian KKP, rombongan diterima oleh Plt. Direkur Jenderal PSDKP Dr. Pung Nugroho Saksono, A.Pi, M.M. Dr. Pung selanjutnya menjelaskan tentang tugas Kementerian Kelautan dan Perikanan, penyelenggaraan urusan pemerintahan dibidang kelautan dan perikanan, yang kesemuanya itu dilaksanakan dalam rangka membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Setelah itu, rombongan langsung menuju Markas Komando (Mako) Direktorat Polisi Perairan Baharkam Polri.

Dalam kunjungannya ini, rombongan diterima oleh Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen. Pol. Hero Henrianto Bachtiar, S.IK., M.Si., pada kuliah kerja ini, Brigjen Hero menjelaskan bahwa Korps Polairud merupakan salah satu korps dibawah Baharkam Polri, yang bertugas melaksanakan kegiatan preventif, seperti Patroli menggunakan alutsista Polri, patroli kapal dan patroli udara.

Disela-sela kuliah kerja kali ini, Danseskoal menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan kunjungan Perwira Siswa inia dalah untuk, melaksanakan salah satu program mata kuliah Operasi Militer Selain Perang (OMSP), atau yang selama ini dikenal dengan Kuliah Kerja Opskamla.

“Saya berharap Setelah mengikuti Kuliah Kerja Opskamla ini, diharapkan Pasis mampu mengetahui dan memahami serta menjelaskan peran, tugas, fungsi dan kewenangan Bakamla RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, terutama dalam melaksanakan operasi di laut,” demikian disampaikan Danseskoal, diakhir kesempatan tersebut. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *