September 19, 2024

Terjebak Arus Deras di Delta Sungai, Seorang Pemuda Berhasil Diselamatkan oleh Tim SAR

Jurnalmetropol.com, Banyumas – Basarnas Kantor SAR Cilacap menerima informasi dari Ali personel BPBD Banyumas, bahwa telah terjadi Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) di delta Sungai Kawung Desa Banjaranyar Kecamatan Pekuncen, Banyumas, pada Minggu (8/9) pukul 18.20 Wib.

Pada kesempatan tersebut, Ali menjelaskan kronologi kejadian tersebut bermula pada Minggu (8/9) sekitar pukul 14.30 Wib seorang pemuda hendak pergi ke sawah, namun pada saat akan kembali terjadi hujan dengan intensitas lebat yang menyebabkan arus sungai menjadi deras. Sehingga survivor terjebak di delta sungai.

Dikesempatan yang sama, M. Abdullah, selaku Kepala Kantor SAR Cilacap selanjutnya mengirimkan 2 tim rescuer pada pukul 18.40 Wib dari Kantor SAR Cilacap dan USS Banyumas untuk melakukan pertolongan terhadap survivor.

“Setibanya di lokasi, tim kemudian melakukan assesment serta penyiapan peralatan. Metode pencarian yang digunakan terhadap survivor yaitu dengan cara rope access menggunakan teknik tyrolean dari bantaran sungai menuju survivor di delta sungai,”tutur Abdullah, dalam keterangannya melalui Humas Basarnas RI

Tepat pukul 19.55 Wib, survivor bernama Agus Nurdias (29) asal RT 01 RW 01 Desa Banjaranyar Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas dapat dievakuasi dalam keadaan Selamat dan langsung dibawa ke rumah survivor.

“Dengan berhasilnya survivor dievakuasi, maka secara resmi Operasi SAR dinyatakan selesai. Seluruh unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,”jelas Abdullah Kepala Kantor SAR Cilacap, disela-sela kegiatan tersebut. *(Kamal)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *