July 26, 2024

Kembali Dipercaya, MPU KONGA UNIFIL Gelar Latihan PHH di Sektor Timur

Pena7.com – Untuk kedua kalinya dalam tahun ini, selaku Sector East Military Police Unit (SEMPU), Satgas MPU Kontingen Garuda (Konga) XXV-K/UNIFIL menyelenggarakan latihan Crowd Riot Control atau Pengendalian Huru Hara(PHH) untuk satuan jajaran Sektor Timur UNIFIL, tanggal 1 s.d 3 April 2019.

Demikian disampaikan Komandan SEMPU, Letkol Cpm Sony Yusdarmoko, S.H.,M.Si (Han), dalam rilis tertulisnya di Marjayoun Lebanon Selatan, Kamis (4/4/2019).

Latihan tersebut menurut Sonny, merupakan program latihan Komando Sektor Timur yang telah menunjuk SEMPU sebagai satuan yang dipercaya untuk menyelenggarakan latihan PHH, dengan tujuan untuk mengantisipasi berbagai aksi demonstrasi dan kerusuhan massa di daerah konflik Lebanon.

“Program latihan ini untuk menyegarkan kembali taktik dan teknik PHH, yang sewaktu-waktu dapat digunakan ketika menghadapi aksi demonstrasi dan kerusuhan massa,” ujar Sonny.

“Selain itu, juga untuk menyamakan persepsi dan gerakan serta kesatuan komando sesuai dengan mandat dan aturan pelibatan yang berlaku (UNSCR 1701) di UNIFIL,” imbuhnya.

Sambung Sonny, latihan yang diikuti kurang lebih 150 orang dari seluruh kontingen jajaran di bawah kendali Sektor Timur dilaksanakan di area Markas Kosektor Timur UNP 7-2.

“Latihan berjalan lancar sampai ditutupnya latihan ini, antusiasme dan semangat dari para peserta cukup tinggi,” ucap Sonny mengakhiri.

Selain kontingen Konga TNI (Indobatt), peserta lain yang mengikuti latihan yaitu Spanyol (Spanbatt), India (Indbatt), Nepal (Nepbatt), Task Force Bravo (Ki B Indobatt) dan Task Force Alpha dari Serbia. (Dispenad)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *