July 26, 2024

Pangdam XII/Tpr Serahkan Hewan Kurban di Halaman Masjid Nurul Ikhlas

Pena7.com, Kubu Raya – Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab menyerahkan secara simbolis satu ekor sapi untuk dikurbankan kepada Ketua Panitia Perayaan Idul Adha Kodam XII/Tpr di halaman Masjid Nurul Ikhlas Makodam XII/Tpr, Minggu (11/08).

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab menyerahkan secara simbolis satu ekor sapi kepada Kabintaldam XII/Tpr, Kolonel Inf Yogi Gunawan selaku Ketua Panitia Perayaan Idul Adha Kodam XII/Tpr. Penyerahan dilakukan usai pelaksanaan sholat Idul Adha.

Acara penyerahan sapi kurban juga dihadiri oleh Kasdam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfred Denny D. Tuejeh, Para Pejabat Teras Kodam XII/Tpr, Ustad Lukmanul Hakim, serta Ketua dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura.

Satu ekor sapi yang diserahkan Pangdam XII/Tpr pada Idul Adha kali ini, merupakan salah satu dari enam ekor sapi dan empat belas ekor kambing kurban yang dihimpun oleh Kodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr saat memberikan sambutan sesaat sebelum acara penyerahan menyampaikan, Idul Adha merupakan satu sejarah perjalanan iman dari nabi besar Ibrahim dan anaknya Ismail. Yang menggambarkan hubungan kepada Allah SWT. Telah dicontohkan bagaimana nabi Ibrahim sangat mematuhi perintah Allah, kemudian anaknya Ismail yang disiapkan untuk dikurbankan pun juga rela untuk berkorban.

“Adapun makna Idul Adha bagi kehidupan manusia, kita harus bisa implementasikan gambaran yang telah dicontohkan nabi Ibrahim untuk bagaimana kita hidup bersosialisasi, hidup bertetangga untuk saling membantu dalam kehidupan kita kedepan,”ujar Pangdam XII/Tpr.

Sedangkan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos menyampaikan, untuk pendistribusian dari daging kurban, nantinya Kodam XII/Tpr akan menyalurkan kepada Panti Asuhan, Pondok Pesantren, Masjid dan Surau, Dhuafa serta masyarakat.

“Kami akan mendistribusikan sesuai dengan proposal yang masuk ke panitia kurban yaitu sebanyak 29 proposal dengan rincian 8 Panti Asuhan, 2 Pondok Pesantren, 6 Masjid, 7 Surau serta 6 Masyarakat Dhuafa,”pungkas Kapendam XII/Tpr.

(Pendam XII/Tpr)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *