July 26, 2024

Sejak Lama Rusak Berat, Jalan Desa Cikaret Dibangun

Pena7.com, Kab Bogor – Jalan Desa Kampung Cikaret meliputi 2 RW dan 6 RT, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg setelah perjalanan panjang mengalami kerusakan cukup parah, akhirnya dibangun pernanen dengan menggunakan paving block.

Pjs Kepala Desa Sukamaju, Nyangsang Sudrajat mengaku, perihal jalan desa cikaret sebenarnya belum adanya pembahasan untuk pembangunan karena belum masuk diperencanaan anggaran Apb Desa 2019.

Sebelum jalan itu dibangun, Nyangsang yang sudah menjabat sebagai Pjs Kepala desa sukamaju selama 5 bulan terakhir, awal mula dirinya memenuhi undangan tokoh masyarakat di kampung Cikaret.

“Dengan kondisi jalan selain rusak berat serta terjal dan curam,”ujar Nyangsang, akhirnya kami mengambil kebijakan bahwa perencaan untuk bangunan jalan tersebut untuk dimasukan di perubahan ApbDes.” kata Nyangsang, Rabu (21/8).

Masuk diperubahan ApbDes yang bersumber dari Dana Desa tahap II agar jalan desa cikaret untuk segera dibangun. “Alhasil kesepakatan dan musyawarah bersama akhirnya jalan cikaret dibangunan dengan cara menggunakan paling block.”imbuhnya.

Menurutnya, sudah bertahun-tahun​ mereka mengalami kesulitan akibat akses jalan yang kian hari kondisinya sangat memprihatinkan.” Tidak sedikit pemotor yang terjatuh, apa lagi musim hujan kasian masyarakat.”ucapnya.

Nyangsang menjelaskan, jalan desa cikaret dari 750 meter sepanjang 650 meter pengerjaannya di cover menggunakan dana desa. “Selebihnya akan dibangun dari anggaran Bantuan Provinsi (Banprov),”paparnya.

Bahkan dengan kondisi jalan yang rusak parah ditambah jarak tempuh yang cukup jauh sehingga ada saja masyarakat yang tidak tertolong ketika hendak pergi pusat pelayanan kesehatan.” timpal Ketua TPK Gultom.

Menurutnya, tidak kurang 1000 Kepala Keluarga (KK) warga kampung cikaret sudah bisa merasakan jalannya pembangunan infrastruktur .”Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan kualitasnya bisa bertahan lama,”harapnya.

Seorang tenaga pengajar di SDN Sukamaju 03, Gunawan yang kesehariannya melintasi jalur itu, mengaku bersyukur dengan dibangunnya jalan tersebut.

“Alhamdulilah dengan kondisi jalan yang memadai seperti sekarang ini, masyarakat mudah untuk melakukan aktifitas serta bisa meningkatkan roda perekonomian.”tutup Gunawan mengakhiri. (Arip Ekon)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *