May 2, 2024

Raja Buol: PT HIP Jangan Ditutup Sudah Banyak Bantu Warga

Jurnalmetropol.com, Buol – Ketua Pemangku Dewan Adat Kabupaten Buol atau Raja Buol Moh. Safri Turungku Berharap kepada pemilik Saham PT Hardaya Inti Plantations (PT HIP ) Modo tidak ditutup.

Menurut Raja Buol saat ditemui wartawan di Istana Raja atau kediaman Pemangku Dewan Adat jln A.Yani Kelurahan Leok I. Kecamatan Biau mengatakan, ribuan warga Buol bergantung hidup bekerja sebagai karyawan di PT HIP selain itu juga ribuan keluarganya mengantungkan hidup dari hasil gaji suaminya,

“Jika PT HIP ditutup siapa yang bertanggung jawab menghidupi keluarga karyawan yang kehilangan pekerjaan tanyanya,”ungkap Raja Buol ke 21.

PT HIP sudah banyak membantu rakyat Buol dengan mempekerjakan sekitar 3000 karyawan. Hal ini sudah berlangsung cukup lama bahkan sebelum Kabupaten Buol di mekarkan menjadi kabupaten sendiri. PT HIP sudah membantu hingga 27 tahun lamanya, ribuan darah dan daging sudah terbentuk bahkan setelah menjadi manusia mendapatkan pendidikan sampai di perguruan tinggi dibiayai dari penghasilan sebagai pekerja di PT HIP.

Masih ungkap Raja Buol sebagai orang yang dipercayakan sebagai ketua pemangku dewan adat kabupaten Buol pihaknya menyampaikan meminta PT HIP untuk tidak ditutup dan terus beroperasi karena satu – satunya perusahaan besar yang ada di Buol.

Menyikapi  masalah gangguan kelompok ormas atau LSM meminta kepada  PT HIP untuk Buka dan terus beroperasi pihaknya akan membela ribuan pekerja yang terancam kehilangan pekerjaan agar tetap mendapatkan pekerjaan di PT HIP.

“Saya mohon kepada Ibu Siti Hartati Murdaya janganlah PT HIP ditutup, saya masih menginginkan PT HIP tetap berada di kabupaten Buol, tetapi saya juga meminta pada Ibu Murdaya  untuk  perbaiki sistim dan pola manejemennya saja.  mengapa demikian  PT HIP ini sudah banyak  memberikan kontribusi kepada ribuan warga Buol untuk bekerja mengantungkan hidupnya, jika ada persoalan persoalan yang menyangkut hajat orang lebih banyak saya siap membantu,”ungkap Raja keempat dari keturunan Turungku.

Tambahnya, di situasi Covid -19 kondisi dan situasi perekonomian Indonesia bahkan dunia, menurut Raja Buol kondisinya lagi terpuruk banyak perusahaan besar di Indonesia tutup, bersyukur PT HIP di situasi sulit masih mampu bertahan  hingga saat ini. Bahkan dalam situasi sulit pun masih sempat berbagi membantu kesulitan warga yang terdampak kesulitan ekonomi akibat Covid-19.

Meminta kepada seluruh karyawan dan warga Buol, sebagai karyawan agar tetap bekerja dan memenuhi hak dan kewajiban sebagai karyawan selaku warga Buol untuk tetap mendukung PT HIP berada di Buol. (Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *