July 26, 2024

HUT 21 Bupati Buol Klaim Pembangunan Lebih Baik

ket foto. : Bupati Buol Amirudin Rauf foto bersama wakil Bupati dan para pejabat teras kabupaten Buol selesai acara ramah tamah peringatan HUT ke 21 Buol. (12/10’/2020)

Jurnalmetropol Buol- Genap usia kabupaten Buol 21 Tahun sejak di mekarkan tahun 1999.

Bupati Buol Amirudin Rauf saat di temui wartawan selesai acara ramah taman di taman kota mengklaim perkembangan kabupaten Buol sejak delapan tahun terakir mengalami peningkaran pembangunan di beberapa sektor di antaranya peningkatan sarana infrastruktur jalan, baik jalan dalam kota maupun jalan perdesaan.

Sebelumnya menjabat menurutnya kondisi  infrastruktur jalan menuju luar kota masih sangat sulit kini di masa jabatanya sudah lancar dan mulus, begitu juga sektor pertanian kabupaten sudah mengalami peningkatan produksi beras yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan yang sebelumnya pangam beras di pasok dari luar daerah.

Lanjutnya sektor peternakan melalui program one man one cow tingkat populasi sapi di tahun 2020 di kabuoaten Buol sudah meningkat drastis sehingga kabuoaten Buol di tahun 2021 menjadi salah satu daerah di indonesia timur penghasil daging sapi , yang paling membangakan lagi kabupaten Buol di tahun 2020 kabupaten Buol dari lima kabupaten di Indonesia menjadi salah satu sentra penghasil udang paname.

Udang paname menurutnya ikan budidaya air payau yang menjadi produk unggulan Indonesia di pasar dunia  kaitan udang paname peran kabupaten Buol menjadi daerah kawasan budidaya di bawah upt Takalar Sulawesi Selatan.

Sedang kabupaten Buol sebagai penyuplay pasokan kebutuhan nasional yang dicanangkan tahun 2024.

Pemerintah daerah kabupaten Buol dalam hal ini telah menyiapkan kawasan tambak budidaya seluas 1200 hektar yang tersebar di beberapa kecamatan.

Upaya pemerintah daerah akan terus melakukan kerja kerja keras guna meningkatkan kesejahteraan rakyat terkait ekpor komuditi perkebunan selama ini sebagai andalan adalah sektor komuditi jagung yang sudah di klaim sebagai daerah penghasil jagung di wilayah sulawesi tengah.

“Sebelumnya kondisi Buol masih sulit namun sekarang sudah banyak perubahan baik sarana infrastruktur dalam kota maupun perdesaan, tetapi sekarang sudah lebih baik, sektor pertanian, perkebunan, bahkan sektor perikanan. di tahun 2020  kabupaten Buol  menjadi salah satu dari lima daerah yang di canangkan oleh kementrian kelautan dan perikanan sebagai kawasan penghasil udang paname, salah satu komuditi perikanan  andalan Indonesia yang menjadi primadona, dengan luasan sekitar 1000 hektar tambak di harapkan daerah kabuoaten Buol menjadi salah satu daerah penyuply udang paname ke pasokan pasar dunia,” ungkap Bupati Buol.

Di peringatan HUT kabupaten Buol ke 21 ini dilaksanakan secara sederhana di sebabkan adanya pendemi covid-19 tidak seperti tahun sebelumnya.(Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *