July 26, 2024

Danseskoal Terima Paparan Hasil KKLN Pasis Dikreg Seskoal

Jurnalmetropol.com, Jaksel – Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr. Opsla, CHRMP yang didampingi Wakil Komandan Seskoal, Laksamana Pertama TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Han menerima Paparan Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Seskoal Angkatan ke-61 TA 2023 yang telah selesai melaksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri, bertempat di Ruang kelas A gedung R.E Martadinata, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal), pada Selasa (23/5/23).

Kabag Penerangan Seskoal dalam keterangan tertulisnya, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan paparan tersebut adalah untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan Kuliah Kerja Luar Negeri yang baru saja selesai dilaksanakan.

Menurutnya, Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) ini dimaksudkan sebagai wadah bagi pasis dalam melaksanakan studi banding untuk menganalisis strategi pertahanan laut negara tujuan, sebagai bahan yang dapat digunakan dalam merumuskan Strategi Pertahanan Negara di Laut.

“Selain itu, agar para pasis dapat menganalisa Sistem Pertahanan Negara, Sistem Pendidikan Militer, Sistem Pendidikan Angkatan Laut, Sumber daya Pertahanan dan Industri Pertahanan negara tujuan, melalui studi banding,”jelasnya.

Kegiatan KKLN ini terbagi menjadi 2 kelompok dengan tujuan yang berbeda, yaitu Vietnam dan Korea Selatan. Naskah hasil KKLN untuk Kelompok I dipaparkan oleh Ketua pemapar, Mayor Laut (P) Karadona, Mayor Laut (P) Fanny Gunawan Siregar selaku wakil ketua dan Mayor Laut (P) Slamet Hayat Riptanto selaku sekretaris, yang melaksanakan Studi Kuliah Kerja Luar Negeri di Vietnam, disamping menganalisis Strategi Pertahanan Negara di Laut Negara Vietnam berdasarkan perkembangan lingkungan strategis di wilayah Indo-Pasifik.

Sedangkan untuk paparan kelompok II, disampaikan oleh Mayor Laut (P) Lucky Hery Kristanto selaku ketua kelompok, Mayor Laut (P) Andita Anton Subrata selaku wakil ketua dan Mayor Laut (P) Khoirul Hadi Prayitno selaku sekretaris. Kelompok ini telah selesai melaksanakan Studi KKLN di Korea Selatan, dan Menganalisis Strategi Pertahanan Negara di Laut Negara Korea Selatan berdasarkan perkembangan lingkungan strategis di wilayah Indo-Pasifik.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Seskoal, Para Pejabat utama Seskoal dan para Patun Dosen Seskoal sangat berantusias untuk memberikan tanggapan naskah yang telah di paparkan oleh para pasis.

Tanggapan para pejabat ini dimaksudkan untuk memberikan masukan, agar naskah hasil KKLN ini lebih sempurna dan menjadi bekal pada saat kembali bertugas ke satuannya masing-masing di penugasan selanjutnya. (red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *