July 26, 2024

Peringati Hardikal ke-78, TNI AL Bersihkan Pantai Losari di Makassar

Jurnalmetropol.com, Makassar — Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-78 Tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 14 Mei 2024, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar melaksanakan kegiatan Bersih Pantai di Monumen 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) Center Poin Of Indonesia (CPI) Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, serta wilayah perairan di sekitarnya pada Selasa (14/05).

Kegiatan Bersih Pantai yang bertemakan “Menjaga Kebersihan Pantai, Menuju Laut yang Sehat” tersebut melibatkan ratusan Personel TNI yang terdiri dari gabungan Personel Lantamal VI Makassar, Personel KRI Teluk Youtefa-522, Personel Satlinlamil 3 Makassar, Personel Yonmarhanlan VI, Personel Satgas Yonif 715 R/III/MDK, Yonif 756/XVII/CEN dan masyarakat sekitar.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rahmat M, menyampaikan kegiatan ini selain bertujuan untuk menjaga lingkungan wilayah pesisir dan perairan sekitar pantai Losari, juga sebagai bentuk tali silaturahmi antara Prajurit TNI dengan masyarakat Kota Makassar.

“Gerakan yang dilakukan oleh TNI AL ini diharapkan dapat menjaga kelestarian biota laut dan ekosistem Pantai serta memberi daya dorong dan juga energi positif bagi Pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Kota Makassar yang bersih khususnya di wilayah pantai dan laut,”ujar Danlantamal VI Makassar.

Disisi lain Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Jarot Wibisono, CRMP., S.A.P., selaku koordinator kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan bersih- bersih pantai ini merupakan salah satu wujud implementasi TNI AL dalam membina kebersihan lingkungan khususnya daerah pesisir.

“Kegiatan ini dilakukan bukan hanya sekedar pembersihan, namun juga untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam rangka menjaga lingkungan pesisir untuk menciptakan lingkungan bersih dan lestari, khususnya pantai Losari yang menjadi salah satu ikon utama Kota Makassar,”ujarnya.

Kegiatan tersebut sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bahwa TNI AL harus senantiasa siap siaga, salah satunya dalam memberikan bantuan sosial sebagai bentuk kontribusi gerak cepat dan kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. (red)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *