July 26, 2024

Kunjungan Komandan Komando Wilayah Laut Utara Turki di Indonesia

Jurnalmetropol.com, Jakarta — Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP mendampingi Panglima Koarmada I Laksda TNI Dr. Yoos Suryono H, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., menerima kunjungan kehormatan Komandan Komando Wilayah Laut Utara Turki (Commander Of The Turkish Northern Sea Area Command) Rear Admiral (UH) Rafet Oktar menggunakan Kapal TCG Kinaliada (F-514), bertempat di Markas Komando Republik Indonesia, Jalan Gunung Sahari Jakarta Pusat, pada Jum’at (17/5).

Kunjungan tersebut turut pula dihadiri Atase Pertahanan Turki (Military Attache Of Turkiye) Captain (N) Ilker Bazmas, Komandan TCG Kinaliada (F-514) (Commanding Officer TCG Kinaliada (F-514) Commander Serkan Dogan, Kepala Teknisi TCG Kinaliada (Chief Engineer of TCG Kinaliada) Major Sukru Tarim serta Para Perwira Komando Armada Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi untuk memperkenalkan TNI Angkatan Laut kepada Komandan Komando Wilayah Laut Utara Turki sekaligus menerima penjelasan seputar kawasan maritim Indonesia oleh Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP. dalam hal ini mewakili Panglima Koarmada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP. dan juga oleh Panglima Kolinlamil dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama serta menpertebal sinergitas antara Indonesia dan Turki serta dapat saling mendukung dalam setiap kegiatan, terkhususnya dibidang Angkatan Laut.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima Koarmada I membacakan amanat Panglima Koarmada RI yang mengatakan bahwa hubungan bilateral antara Turki dan Indonesia kini telah terjalin bahkan terus dikembangkan. Hubungan kerja sama antara Turki dan Indonesia saat ini sebagian besar di bidang ekonomi.

“Hubungan yang telah terjalin akan memberikan kontribusi positif bagi kedua pemerintahan sehingga terjadi kerjasama yang saling menguntungkan kedua negara dan dapat terus ditingkatkan di bidang lainnya,”harapnya.

“Perlu saya sampaikan bahwa potensi militer Turki sangat besar dan juga Indonesia sendiri yang terus melakukan pengembangan di bidang militer serta melakukan beberapa pengembangan di bidang militer. Sejak Februari 2022 Angkatan Laut Indonesia telah mendirikan Komando Armada Republik Indonesia yang mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan dan mengoperasikan kapal perang TNI Angkatan Laut serta kesiapannya di seluruh wilayah Indonesia,”kata Panglima Koarmada RI dalam amanat yang dibacakan Panglima Koarmada I.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo selepas kegiatan mengungkapkan, “Besar harapan saya kunjungan seperti ini terus dilaksanakan untuk mempererat hubungan yang sudah terjalin sehingga stabilitas negara dan keamanan maritim regional dapat tercipta. Sehingga hubungan yang telah terjalin semakin kuat dan terus meningkat pada masa mendatang,”tutup Panglima Kolinlamil.

(Dispen Kolinlamil/red)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *