July 26, 2024

Padepokan Akting Cakrawala Institut, Jadi Idola Remaja Jakarta

Pena7.com, Jakarta – Sutradara Roy Wijaya memiliki harapan besar pada anak-anak muda yang akan berkecimpung di dunia entertainment. Harapannya tersebut, dia wujudkan dengan membuka sekolah akting yang di beri nama Cakrawala Institut.

Cakrawala Institut berdiri sejak 2017 silam setelah sebelumnya menggunakan nama Kreasi Media Institut dan Rumah Media Institut sejak tahun 2010. Saat ini tempat berlatih akting berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tempatnya di Taman Tugu Proklamasi.

Menurut Roy, Kurangnya fasilitas pendidikan dibidang akting, telah banyak melahirkan beberapa sanggar. Namun tetap harus hati hati, karena banyak hal yang di luar logika kita dengan mengatasnamakan sesuatu, meminta imbalan lebih pada siswanya.

Roy Wijaya Sutradara bersama Anak didiknya

“Makanya Selain itu, alasan lainnya adalah ingin memberikan ilmu yang dimiliki, jadi saya tidak metok harus bayaran berapa. Biarlah Manajemen yang menentukannya, agar kelak bermunculan bintang-bintang, masa depan,” ungkap Roy Saat di temui di lokasi Shoting Hidayah di Kawasan, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/02/2019)

Saat ini, kata Roy, banyak anak muda punya kemampuan dalam hal berakting. Tapi rasa malu dan percaya diri yang kurang, menjadikan si anak terus minder.

“Maksudnya, seneng saja kalau orang mau maju, jadi memberikan ilmulah. Apalagi karena manusia meninggalkan jasa, apa yang kita punya di sini, yaitu ilmu bermanfaat yang kita berikan kepada orang lain. Alangkah baiknya, jangan pelit ilmu,”tuturnya.

Cakrawala Institut Itulah nama suatu Padepokan pendidikan yang menitik beratkan kepada life skill khususnya bagi peminat seni peran atau dunia acting. Nama tersebut memiliki arti tersendiri.

Roy menjelaskan, arti dari nama Cakrawala, adalah harapan besar bagi semua makhluk atau semua insan. Sedangkan kata Istitut artinya tempat belajar, tempat berkreasi. “Jadi kalau digabung artinya adalah sekolah akting harapan semua mahluk atau semua insan untuk berkreasi,” jelas seorang sutradara yang sudah membuat ratusan Film dalam berbagai genre ini.

Dikatakannya, manfaat lebih yang ditawarkan dalam sekolah akting miliknya ialah pendaftar tidak hanya akan dilatih dalam menggali kemampuan berakting saja, akan tetapi untuk anak didiknya yang berprestasi akan secara otomatis disalurkan ke agensi atau rumah produksi yang terpercaya, bahkan dilibatkan dalam berbagai film yang di Sutradarai Roy di berbagai kesempatan.

“Kalau Anak Padepokan akting ditempat saya, semua terjamin ilmunya, setelah itu kita akan bantu salurkan ke rumah produksi yang terpercaya. Selama ini kan banyak orang mau main film malah bayar, yang bener itu dimana-mana pemeran yang dibayar, bukan malah dia yang keluar uang, jadi saya mau memberikan itu” tandasnya.

Sementara untuk batasan usia, Roy menerangkan bahwa dalam dunia seni/entertainment tidaklah membutuhkan batasan usia. “Oh engga, kita bebas, mulai dari anak-anak sampai dewasa, bahkan kalau ada orang tua yang merasa memiliki bakat, dan ingin di eksplore lagi kemampuannya, dia ngerasa lucu, unik ya enggak masalah,” jelasnya. (DW)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *